Apa saja Jenis, Gejala dan Ciri Penyakit Kulit Memutih ( Vitiligo )

Apa saja Jenis, Gejala dan Ciri Penyakit Kulit Memutih ( Vitiligo ) Pada Pria dan Wanita

Informasi mengenai Apa Saja Gejala dan penyebab seta ciri dari Penyakit kulit Vitiligo kulit memutih dan Cara Mengobati Dan Menyembuhkannya Secara Alami dan Aman 

Selamat datang di blog kesehatan yang terpercaya dan terapdet pada kesempatan kali ini saya Reja Widodo akan menjelaskan mengenai apa saja Jenis - jesnis, Gejala, Ciri, dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Memutih / vitiligo  - Seperti yang kita tau penyakit kulit Vitiligo adalah salah satu jenis penyakit yang membuat kulit memiliki bercak-bercak putih. Vitiligo adalah suatu keadaan di mana kulit akan kehilangan pigmen, yaitu melanin yang akan memberikan dan menentukan warna kulit, mata, dan juga rambut. penyakit Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang seharusnya bertugas memproduksi melanin mengalami kerusakan dan mati. Akibatnya pigmen kulit akan memudar dan akan timbul bercak putih pada kulit (seperti panu) dan bentuk bercak tersebut tidak beraturan, lama-kelamaan bercak akan semakin meluas jika tidak

Apa saja Jenis, Gejala dan Ciri Penyakit Kulit MemutihVitiligo dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh, namun tanda pertama biasanya dapat terlihat pada bagian kulit. Penyakit vitiligo bisa menyerang segala usia, namun paling sering menyerang seseorang dengan usia di antara 10 hingga 30 tahun. Ada beberapa tipe vitiligo yang muncul pada penderitanya, di antaranya:
  • Generalized merupakan vitiligo dengan pola yang paing umum dan sering dialami oleh penderita vitiligo. Kulit yang kehilangan pigmen biasanya akan menyebar di seluruh bagian permukaan kulit dan berbentuk simetris.
  • Segmental adalah jenis vitiligo di mana menghilangnya pigmen kulit hanya pada bagian satu sisi tubuh saja dan biasanya sering dialami oleh anak muda. Vitiligo ini biasanya akan menghilang (berhenti) setelah satu sampai dua tahun.
  • Focal adalah jenis vitiligo yang terdapat pada bagian tubuh tertentu, biasanya hanya ada satu bercak atau beberapa bagian tubuh.
Penyebab Vitiligo / kulih yang memutih berubah warna melepuh / pudar

Vitiligo adalah suatu kondisi di mana terdapat bercak putih pada kulit karena melanin yang bertugas memberikan warna pada kulit mengalami kerusakan dan mati. Kebanyakan orang akan mengalami gangguan dengan kondisi tersebut karena vitiligo dianggap memperburuk penampilan. Selain bertugas memberikan warna kulit, melanin juga bertugas melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari. Karena itu jangan heran jika kulit Anda mengalami vitiligo maka akan lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Lalu Apa Saja penyebab dari vitiligo atau kulit yang memutih :
  1. Riwayat keluarga: Jika Anda memiliki anggota keluarga seperti orang tua atau lainnya yang mengidap vitiligo, maka bisa jadi Anda juga beresiko terkena vitiligo. Dari 5 kasus vitiligo, 1 di antaranya adalah faktor keturunan keluarga.
  2. Mengidap penyakit autoimun lain: Beberapa kasus vitiligo bisanya dipengaruhi oleh penyakit lain seperti gejala diabetes, kelainan kelenjar tiroid (hipertiroidisme), dan penyakit addison.
  3. Faktor emosional: Faktor emosional seperti tingkat stres yang tinggi bisa jadi menjadi salah satu faktor penyebab vitiligo.
  4. Kulit mengalami kerusakan: Kulit yang terkena vitiligo bisa jadi didorong karena sebelumnya kulit telah mengalami kerusakan seperti pengaruh paparan sinar matahari atau karena pengaruh penggunaan krim berbahan kimia tertentu.
Berikut di bawah ini dapat dilihat apa saja gejala vitiligo.

   1.Warna Kulit Berubah - Kulit yang warnanya berubah sudah pasti adalah tanda utama dari

vitiligo, apalagi kalau perubahan warnanya adalah menjadi putih di beberapa bagian kulit tubuh. Warna tersebut akan tampak seperti panu karena kelihatan seperti bercak di kulit. Kebanyakan orang tak mengira bahwa perubahan tersebut dikarenakan adanya kondisi vitiligo karena mereka mengira bahwa bercak tersebut menandakan adanya penyakit panu.

 2.Bercak Putih Meluas - Ukuran dari bercak yang muncul sebagai gejala vitiligo pun tidak selalu sama dan terbilang bervariasi, bahkan ada yang bisa sampai 1 inci. Akan terjadi penyebaran pigmen yang hilang tersebut secara lebih meluas tapi tidak dalam bentuk yang teratur. Banyak kasus juga menunjukkan bahwa seringkali vitiligo terjadi di kedua sisi tubuh seseorang dengan area yang hampir sama. Walau tak mematikan, ada baiknya mulai memeriksakan diri ke dokter, apalagi kalau sudah diobati dengan obat panu tapi bercak tak kunjung hilang.

 3.Rambut Memutih Dini -  Biasanya mungkin orang yang rambutnya mulai memutih adalah yang usianya sudah memasuki kepala 4 alias 40 tahunan. Namun bagi mereka yang mengalami vitiligo pada usia muda, yaitu 20 tahun ke atas, rambut yang seharusnya belum ada tanda-tanda memutih akan terjadi pemutihan dini. Proses ini akan terjadi pada rambut yang ada di kulit kepala, bulu mata, jenggot (bagi para laki-laki) dan juga bagian alis. Sebelum menginjak usia 35 tahun bila mengalami hal ini, perlu dicurigai adanya tanda bahwa tubuh kita mengalami vitiligo, apalagi kalau ditambah dengan perubahan warna kulit.

 4.Perubahan Warna pada Lapisan dalam Retina - Bila merasakan adanya kejanggalan selain perubahan warna rambut dini serta warna kulit, yaitu seperti warna lapisan dalam retina atau bola mata yang berubah atau hilang, hal ini perlu untuk diwaspadai sebaik mungkin. Kalau perlu bisa coba periksakan ke dokter kulit karena ini adalah salah satu ciri bahwa kita tengah mengidap vitiligo.

 5.Hilangnya Warna Jaringan Lapisan Hidung dan Mulut - Mungkin kalau kita hanya mengalami perubahan warna dan timbulnya bercak putih, kita akan mengira hal itu adalah tanda adanya panu. Rambut memutih secara dini pun tak selalu menandakan adanya vitiligo. Tapi bila disertai dengan kehilangan warna jaringan lapisan selaput lendir bagian dalam hidung dan mulut, ini perlu dipertanyakan dan diperiksakan segera ke dokter spesialis kulit. 

Kadang Terasa Gatal -  Pada umumnya memang bercak-bercak yang muncul pada kulit tidaklah terasa gatal, tapi ada juga beberapa kasus yang merasakan adanya gatal-gatal ketika bercak putih tersebut terkena sinar matahari. Ketika bercak mulai terasa gatal dan tidak nyaman serta tak dapat diatasi dengan obat gatal-gatal, perlu untuk memeriksakannya karena takutnya akan terjadi komplikasi yang tidak diharapkan. Untuk lebih waspada, cari tahu juga tentang bahaya sinar matahari di siang hari.

 6.Kulit Belang -  Akibat dari adanya bercak-bercak yang muncul di kulit dengan warna yang lebih muda dari kulit kita, ini akan membuat kulit tampak belang-belang. Pada tahap awal vitiligo atau tahap lokal, depigmentasi hanya di sebagian area saja, maka tentu ini menjadikan kulit sangat kelihatan tak merata atau bisa disebut dengan istilah belang. Berkonsultasi langsung dengan dokter akan lebih memuaskan karena dokter paling tahu apa yang terjadi dan kita pun akan tahu secara lebih detil akan kondisi yang kita keluhkan.

Pengobatan :

Anda bisa lansung kunjungi dokter ahli kulit yang terpercaya atau pengobatan dengan obat herbal yang aman dan alami untuk membantu mengobati Vitiligo.


Dan mungkin demikianlah informasi kesehatan yang dapat saya sampaikan kepada teman - teman semunya mengernai Apa saja Jenis, Gejala dan Ciri Penyakit Kulit Memutih atau penyakit Vitiligio semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk teman - teman sehat semunya. Salam saya tetap jagan kesehatan dan mulailah hidup dengan gaya hidup yang sehat dan makan - makan yang sehat dan aman dari bahan kimia. 

Sumber Referensi  : 

 http://obat.dokterandro.com/639/jenis-gejala-ciri-dan-cara-mengatasi-penyakit-kulit-memutih/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa saja Jenis, Gejala dan Ciri Penyakit Kulit Memutih ( Vitiligo )"

Posting Komentar