Apa Saja Jenis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus

Apa Saja Jenis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus

Ini dia informasi lengkap mengenai Apa Saja Henis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus dari sumber terbaru dan terpercaya

Apa Saja Jenis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus 

Selam sehat untuk memunya bertemu kembali dengan saya Reja Widodo pada kesempatamn kali ini saya akan memberikan informsi penting seputar Apa Saja Jenis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus pada anak dan orang dewasa dari sumber yang terpeercaya dan terbaru hanya untuk teman sehat semunya, yang mana di harapkan informsi ini dapat menambah pengertahuan teman - teman semunya.  Usus merupakan organ tubuh yang sangat berperan peting dalam membantu proses pencernaan dalam tubuh kita jika usus ini bermasalah maka akan timbul beberapa penyakit yang cukup serius.

  Radang usus sendiri merupakan kondisi di mana usus mengalami inflamasi atau peradangan. Radang usus sendiri seringkali digunakan untuk menjelaskan dua jenis penyakit, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Kedua kondisi ini diakibatkan oleh peradangan kronis pada bagian gastrointestinal (sistem pencernaan). Kondisi ini muncul karena reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernaan yang normal dan sehat.

Kolitis ulseratif adalah peradangan kronis yang terbatas pada usus besar atau kolon saja. Sedangkan penyakit Crohn adalah peradangan yang bisa terjadi di seluruh sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus.

Berikut ini Merupakan Gejala Radang Usus

Radang usus adalah penyakit jangka panjang dengan gejala yang biasanya muncul dan menghilang selama beberapa waktu Tingkat keparahan gejala yang muncul tergantung pada bagian mana saja yang mengalami peradangan. Beberapa gejala yang umumnya terjadi adalah:
  • Nyeri atau sakit pada bagian perut. Peradangan yang terjadi dapat memengaruhi pergerakan normal usus, sehingga menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman.
  • Nafsu makan berkurang. Kram dan nyeri perut akan menurunkan nafsu makan seseorang.
  • Penurunan berat badan. Penurunan berat badan bahkan kondisi kekurangan nutrisi dapat dialami pengidap radang usus karena tubuh tidak mampu mencerna dan menyerap nutrisi makanan dengan baik.
  • Diare bercampur darah dan bersifat kambuh-kambuhan. Darah dapat muncul pada feses (tinja) dengan warna gelap kehitaman, atau bisa juga tidak kasat mata namun nampak di mikroskop.
  • Merasa mudah lelah.
  • Mengalami mual dan demam.
Perlu diingat bahwa gejala yang muncul pada orang-orang tidaklah sama. Beberapa orang mungkin akan mengalami muntah-muntah, anemia, dan demam tinggi. Kondisi ini akan datang dan pergi selama kurun waktu yang lama. Ketika kambuh, gejala bisa ringan atau sangat parah.

Penyebab Radang Usus

Hingga kini, radang usus belum diketahui penyebab dasarnya. Pola makan dan tingkat stres seseorang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita radang usus, tapi keduanya bukanlah menjadi penyebab utama. Yang diketahui  adalah malafungsi sistem kekebalan tubuh menyebabkan peradangan. Namun belum diketahui apa penyebab kekeliruan sistem imun tubuh. Selain itu, faktor keturunan juga diduga memiliki pengaruh pada munculnya radang usus. Risiko seseorang akan lebih tinggi apabila ada keluarga dekat yang menderita radang usus.

Berikut ini beberapa faktor lain yang turut meningkatkan risiko Anda menderita radang usus.
  • Usia. Kebanyakan orang didiagnosis mengidap radang usus sebelum usia 30 tahun. Namun ada juga yang mengalami penyakit ini setelah mereka menginjak usia 50 atau 60 tahunan.
  • Keturunan. Faktor keturunan bisa meningkatkan risiko radang usus. Jika orang tua Anda, anak, atau saudara kandung pernah mengidap penyakit ini, Anda juga berpotensi mengalaminya.
  • Merokok. Kegiatan ini sangat meningkatkan risiko terkena penyakit Crohn.
  • Tempat tinggal. Jika Anda tinggal di wilayah kumuh atau daerah padat industri, Anda wajib mewaspadai kemungkinan munculnya radang usus. Sebab faktor lingkungan sangat memengaruhi penyakit ini.
  • Pengobatan isotretinoin. Isotretinoin (amnesteem, claravis, sotret/accutane) adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat. Sejumlah penelitian menyebut isotretinoin bisa menyebabkan radang usus. Namun hubungan antara keduanya masih terus diteliti.
  • Obat anti inflamasi non-steroid (OAINS). Beberapa obat-obatan dalam kelompok OAINS bisa meningkatkan risiko mengalami radang usus, misalnya ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan lainnya.
  • Ras. Di beberapa wilayah di dunia, jenis ras dan warna kulit turut memengaruhi kehadiran radang usus. Menurut penelitian, orang berkulit putih memiliki risiko mengidap radang usus yang lebih besar dibanding orang berkulit hitam .
Dan itulah beberapa informasi mengenai Apa Saja Jenis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus baikm usus kecil dan besar semoga artikel yang sedar hana ini dapat bermanfaat untuk teman - teman semunya. Saran saya perbayaklah olahraga namun jagan terlalu cape dan terlalu berat cukup seminggu 2 kali. perbanyak minum air putih dan konsumsimakan yang sehat kurangi ketergnatungan pada obat kimia. Salam sehat dari saya untuk anda dan keluarga.


Referensi : 

- http://www.alodokter.com/radang-usus


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Jenis Gejala Dan Ciri Dari Penyakit Radang Usus"

Posting Komentar