Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki

Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki

Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki
Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki - Salam sehat untuk teman - teman semunya berjumpa kembali dengan saya Reja Widodo Purnama pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki dan pada tangan. Penyakit mata kaki merupakan salah satu penyakit yang cukup sederhana namun cukup menyakitkan karna ketika penderita penyakit mata ikan saat berjalan akan terasa sakit bagaikan tertusuk duri. Nah yang namanya penyakit pasti ada penyebab , gejala dan cara mengobatinya dan pada kesempatan kali ini saya akan memberiakn informasinya khusus untuk teman - teman semua dari sumber yang terpercaya.

Ada dua jenis mata ikan yaitu:

1.Mata ikan lunak. Merupakan jenis mata ikan yang memiliki warna keputihan dan bertekstur lunak. Jenis ini biasanya muncul di antara jari kaki ketika kulit kaki basah karena keringat. Mata ikan lunak terasa sangat sakit dan kadang bisa terinfeksi oleh bakteri atau jamur.

2.Mata ikan keras. Ini adalah jenis mata ikan yang paling sering ditemui. Berukuran seperti kacang dengan tonjolan keras dan kecil di bagian tengah. Mata ikan jenis ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan.

Kedua jenis mata ikan tersebut memiliki gejala yang sama, yaitu:
  • Adanya area kulit yang terasa tebal dan kasar.
  • Muncul benjolan yang membesar dan mengeras.
  •  Rasa nyeri di dalam kulit.
  • Kulit bersisik, kering, atau berminyak.
Mata ikan yang terinfeksi bisa terasa nyeri, meradang, berisi nanah atau cairan bening. Peradangan yang terjadi bisa menyebar ke bagian kaki lainnya. Sama seperti kapalan, mata ikan baru terasa nyeri ketika berjalan atau mengenakan sepatu.

Lalu Apa Saja Penyebab dan Faktor Risiko Orang Terkena Mata Ikan

Pada dasarnya, penyebab munculnya mata ikan adalah tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali. Beberapa hal penyebab tekanan dan gesekan tersebut adalah:
    Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki
  • Tanpa kaus kaki. Tidak memakai kaus kaki atau memakai kaus kaki dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan alas kaki.
  • Bersujud. Khususnya pada orang Islam, yang sering menjalankan ibadah sholat akan sering berlutut dan bersujud. Kondisi ini juga bisa menyebabkan mata ikan muncul.
  • Pendu rokok. Bagi orang yang merokok dan memakai pemantik api bisa memiliki mata ikan pada kulit jempol tangannya. Kondisi ini terjadi karena sering menyalakan pemantik saat merokok.
  • Pemakaian sepatu yang tidak nyaman. Sepatu yang terlalu sempit serta sepatu berhak tinggi bisa menekan beberapa bagian kaki. Lalu, sepatu yang terlalu longgar menyebabkan beberapa bagian kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.
  • Sering menggunakan peralatan atau instrumen musik dengan tangan. Penebalan pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik atau perkakas tangan yang kita gunakan sehari-hari.
Berikut Merupakan Beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena mata ikan:
  • Ibu jari seperti palu. Kelainan atau cacat pada  ibu jari kaki yang melengkung seperti cakar dapat memicu terbentuknya kapalan.
  • Bunion. Kondisi di mana muncul benjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang. Bunion juga mampu memicu kulit kaki membentuk kapalan.
  • Tidak menggunakan sarung tangan. Menggunakan alat kerja terlalu lama tanpa mengenakan sarung tangan  akan mengakibatkan kulit tangan bergesekan dengan alat kerja dan berisiko menyebabkan kapalan yang berkembang menjadi mata ikan.

Berikut dua cara untuk mendiagnosis mata ikan

  • Dengan Pemeriksaan fisik. Dari hasil pemeriksaan fisik akan diketahui penyebab penebalan kulit yang terjadi.
  • Menggunakan Sinar X. Bagian kulit yang menebal akan diperiksa dengan sinar X untuk melihat perubahan atau kelainan fisik yang bisa mengakibatkan mata ikan.
Jika penebalan kulit terdiagnosis sebagai mata ikan, maka ada beberapa langkah pengobatan yang umumnya akan diterapkan pada penderita. Jika langkah pengobatan umum tersebut tidak berhasil, maka diperlukan evaluasi lebih lanjut. Bahkan, penderita bisa saja disarankan memakai alat bantu penyangga tubuh untuk memindahkan tekanan dari kaki.

Beberapa langkah pengobatan umum untuk mata ikan adalah:
  • Menggunakan alas kaki dengan ukuran sesuai kaki anda.
  • Mengoleskan bedak anti bakteri untuk mencegah terinfeksi.
  • Menjaga kaki tetap higienis, agar terhindar dari ancaman infeksi.
  • Memotong lapisan keratin menggunakan pisau bedah. Tujuannya untuk mengangkat bagian tengah keratin agar rasa nyeri berkurang serta membentuk ulang kulit agar terlindung dari gesekan yang berlebihan.
Baca juga : cara mengobati mata ikan secara alami 
Demikianlah informasi mengenai Apa Saja Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki pria dan wanita di harapkan informasi ini dapat bermanfaat untuk teman - teman semua dan menjadi pengetahun untuk bisa lebih menjaga kesehatan teman - teman semunya. Jangan lupa baca juga atikel lainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Gejala Dan Penyebab Timbulnya Penyakit Mata Ikan Di Telapak Kaki"

Posting Komentar